Senin, 25 Juli 2011

perawatan burung anis merah

Memang merawat anis merah dibutuhkan suatu kesabaran dan keuletan, karena jenis ini sangat sensitif sekali saja kita salah dalam perawatan maka akan fatal akibatnya bisa-bisa macet gak mau bunyi. dalam perawatan anis merah dibutuhkan rutinitas dalam hal mandi jemur dan pemberian exfood.
Memang dalam perawatan burung khususnya anis merah banyak sekali cara dan bentuknya karena tiap-tiap burung memiliki cara perawatan yang berbeda tetapi secara umum dapat dibagi menjadi 2 :

1. Mandi Jemur
Anis merah adalah jenis burung dari habitat yang relatif bersuhu dingin jadi mandi merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan untuk memelihara bulu agar selalu cantik dan sebagian besar merah mania mengatakan bahwa mandi bisa mengurangi birahi dan bikin kerja anis merah lebih stabil. mengenahi porsi mandi bisa 1 atau dua kali sehari, pagi dan sore/ malam tapi kebanyak merah mania memandikan merahnya di malam hari dengan alasan masing-masing. penjemuran dilakukan secara rutin maksimal 2 jam atau bisa disesuaikan dengan kebiasaan, penjemuran sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup termasuk jenis unggas karena dengan dijemur antara 7:00 - 9:00 sangat bermanfaa bagi burung untuk memperlancar metabolisme, kalau metabolisme bagus dimungkinkan burung menjadi lebih sehat.

2. Extra Fooding
- Jangkrik. kicau mania beranggapan bahwa jangkrik dapat meningkatkan power, jadi jangkri mutlak diberikan. mengenai porsi bisa diberikan 2-3 ekor pagi dan sore tapi itu tergantung masing-masing burung pada intinya bagaimana agar anis merah mampu bekerja secara maksimal dengan porsi jangkring yang pas.

- Kroto. Kroto diberikan agar burung menjadi lebih sehat sehingga rajin bunyi, karena kroto mengandung protein tinggi yang relatif mudah dicerna sehingga sebagian besar merah mania merekomendasikan pemberian kroto walaupun dengan porsi yang berbeda-beda. secara umum kroto diberikan hanya 1 sendok bisa pagi atau sore, bisa tiap hari atau dua hari sekali, ada juga yang pemberian kroto hanya dilakukan menjelang turun lomba saja.

- Cacing. dihabitat aslinya anis merah suka makan cacing sehingga pemberian exfood berupa cacing banyak dilakukan oleh para merah mania, menurut sebagian besar merah merah mania cacing bisa bikin anis merah betah teler (tancep). mengenai porsi antar merah merah mania berbeda tergantung kebiasaan, ada yang memberikan exfood cacing hanya sesaat menjelang naik gantangan dan ada juga yang menjadikan cacing sebagai menu utama harian.

- Ulat Hongkon. Ulat Hongkong banyak digunakan oleh merah mania sebagai pendongkrak stamina agar anis merah lebih fight dalam bertarung di atas gantangan, kebanyakan merah mania menggunakan ulat hongkong hanya saat menjelang turung lomba atau sesaat sebelum naik gantangan, tetapi ada juga yang menjadikan ulat hongkong sebagai menu harian, semua tergantung dari kebiasaan.

Pada dasarnya setiap anis merah memiliki perlakuan yang berbeda, itu semua tergantung perawat masing-masing seberapa jauh memahami dan menyelami karakter anis merah yang dirawat. jika kita bisa menemukan setting yang pas pasti merah jagoan kita akan berprestasi maksimal.

Barang kali merah mania punya pengalaman lain mengenahi perawatan anis merah silahkan tulis komentarnya mungkin bisa bermanfaat bagi merah mania yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar