Rabu, 27 Juli 2011

burung kicau indonesia

Burung Kacer (Oriental Magpie Robin)

Copsychus saularis

Phylum (Pembagian): Chordata
Kelas: Aves (burung)
Ordo: Passeriformes
Famili: Muscicapidae
Genus (Jenis): Copsychus
Spesies: C. saularis
Nama binomial Copsychus saularis

Ciri utama: Besar (20-23 cm); paruh hitam; kaki abu-abu

Ciri Jantan: Kepala, bagian punggung dan dada depan berwarna hitam mengkilat; bagian perut berwarna putih (jenis lain ada yang bagian perutnya berwarna hitam); bulu ekor bagian luar berwarna hitam dan bulu ekor bagian dalam berwarna putih

kacer cowok

Ciri Betina: Bagian punggung atas dan dada berwarna abu-abu (hitam kusam)

Photobucket
Juvenile (remaja): Ciri seperti dewasa tetapi pada bagian dada berbintik-bintik coklat

Photobucket
Suara Kicauan: Bersuara merdu, siulan melengking dan pintar menirukan suara burung lain.
Kacer tergolong jenis burung kicau bertubuh kecil di kelasnya dan merupakan anggota keluarga Turdidae, termasuk dalam golongan flycatcher, keluarga Muscicapidae. Di Indonesia terdapat beberapa spesies, tetapi dikalangan para hobies di tanah air dikenal 2 spesies. Kacer Jawa Barat (copsychus saularis) & Kacer Jawa Timur (copsychus sechellarum). Spesies Kacer Jawa Barat diidentifikasikan dengan ciri-ciri tersebut di atas. Sedangan Kacer Jawa Timur pada bagian perutnya berwarna hitam. Itu saja yang membedakannya secara fisik.
Kacer adalah spesies pemakan serangga yang perkembang-biakannya di kawasan pemukiman dataran rendah di daerah-daerah tropis.

Photobucket
Kacer Jatim

Penyebaran& habitat: Asia Selatan dari Bangladesh, Pakistas, India, Sri Lanka, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Cina Selatan dan Filipina.
Burung ini biasa ditemukan di area terbuka, perkebunan-pertanian bahkan kawasan hunian padat.

Perkembang-biakan dan Ekologi: pada umumnya burung ini melakukan perkembang-biakan pada bulan Maret - Juli dan antara bulan Januari – Juni. Sarang dilubang-lubang pohon, atau ceruk atau lubang dinding bangunan.
Kacer Jantan mencari pasangan dengan cara berkicau keras. Biasanya dari Fajar sampai petang dengan mengibaskan ekornya naik turun untuk memikat pasangannya. Sarang biasanya dibangun oleh betina seminggu sebelum bertelur. Jumlah telur berkisar 3 – 4 butir dengan warna telur oval biru pucat berbintik kecoklatan. Masa inkubasi (pengeraman) berlangsung 8 – 14 hari dan hanya dieramo oleh kacer betina saja. Selama masa ini kacer jantan bias any lebih agresif untuk melindungi teritorinya dan cepat sekali merespon suara-suara burung lain yang mengganggu wilayahnya.

Makanan: kacer adalah burung pemakan serangga, hampir semua jenis serangga seperti janggrik, belalang, semut, kecoa, lalat, lipan (kelabang) ia makan, bahkan siput kecil dan ikan-ikan kecil juga merupakan makanan kegemarannya.

belajar mengenal karakter burung kicauan

Mungkin sering kali para pemilik burung dibuat pusing dengan masalah yang satu ini. Burung yang semula rajin bunyi tiba-tiba tidak mau bunyi sama sekali alias macet. Tidak hanya pada jenis burung Anis merah saja namun burung jenis lain seperti murai batu, kacer, cucak hijau dll. Bila Anda mengalami hal seperti ini cobalah mencari faktor penyebabnya bisa bermacam-macam. Mungkin burung dalam keadaan sakit, kalah mental karena berhadapan dengan burung yang lebih dewasa, atau mungkin saja terdapat kutu pada bulu burung, atau bakteri yang biasa terdapat pada makanan sisa (terutama kroto) yang sudah basi, bisa juga dari bakteri yang terdapat pada kotoran yang berada di bagian bawah sangkar. Namun tidak menutup kemungkinan juga waktu pemeliharaan yang selalu berubah-ubah.
Cobalah lakukan hal-hal berikut ini : Berikan cairan khusus untuk mandi burung untuk membasmi kutu pada bulu-bulunya. Dan jangan lupa bersihkan bekas sisa makanan serta alas untuk kotoran.Bersihkan dengan menggunakan desinfektan khusus untuk burung peliharaan. Jemur rutin setiap pagi mulai jam 7.00 hingga jam 09.00 atau jam 10.00 untuk burung dalam kondisi tidak sakit (sehat) Namun apabila burung dalam kondisi sakit sebaiknya jangan dijemur dahulu biarkan setelah kandang dibersihkan sangkar dikerodong kembali yang sebelumnya sudah disediakan makanan serta air minum yang bersih.Tambahkan juga cairan vitamin atau obat khusus untuk burung yang sakit.
Untuk Jenis burung pemakan serangga berilah secukupnya extra fooding seperti jangkrik. pemberian kroto untuk jenis burung murai batu dan kacer berilah agak banyak bila perlu satu wadah (cempuk) khusus kroto. Untuk jenis Anis merah kroto jangan diberikan terlalu banyak sedikit saja (satu sendok teh). Buah diberikan setiap hari secara bergantian bagi jenis Anis merah misalnya senin,rabu,jumat diberi apel sedangkan selas,kamis,sabtu diberi pepaya. Untuk hari Minggu bisa diberikan apel lagi bila perlu. Berikan vitamin khusus burung berkicau ke dalam air minumnya setiap pagi hari jangan lupa sore diganti air minum yang baru. pada burung anis merah bisa ditambahkan cacing cukup 1 ekor saja.
Faktor lain yang menjadi penyebab burung berkicau menjadi macet bunyi adalah kemungkinan adanya bakteri yang terdapat pada pita suara. Cobalah berikan obat tetes yang langsung diminumkan ke dalam
mulut burung sesuai anjuran yang biasa terdapat pada botol kemasannya.
Lain halnya dengan burung yang macet dikarenakan kalah mental dengan burung yang lebih dewasa atau mentalnya lebih berani. Menurut beberapa perawat yang sudah berpengalaman bila burung kita mengalami hal seperti ini bisa dicoba dengan dipertemukan dengan burung sejenis yang memiliki mental kurang berani. Hal ini mungkin bertujuan untuk mengembalikan rasa percaya diri pada burung yang semula rajin bunyi alias gacor tiba-tiba macet tadi.

Lovebird : Burung Cinta Yang Makin digemari

Posted in Uncategorized on 19, Januari, 2010 by Farizaldy
Dahulu hanya segelintir Orang saja yang mau memelihara burung ini. Hal ini dikarenakan burung ini dahulu tidak dilombakan, bahkan burung ini dahulu hanya sebagai burung hias. Pecinta burung lovebird ini tertarik akan keindahan warnanya, karena memang burung jenis paruh bengkok ini banyak memiliki variasi warna. Ada yang kuning, hijau, biru, putih, salem, hitam, violet, bahkan ada juga warna albino serta warna blorok. Saat ini pecinta burung love bird ini semakin marak hal ini dikarenakan banyaknya EO yang membuka kelas khusus love bird. Lovebird ternyata berfungsi tidak saja sebagai burung hias namun juga sebagai burung master atau pengisi suara burung kicauan lainnya. Namun lovebird juga dapat dimaster dengan suara burung lain semisal kenari, atau prenjak sehingga variasi kicauannya semakin bagus. Love Bird sendiri ada beberapa jenis misalnya: Lutino, albino, non kacamata serta lovebird kacamata. Harganya pun bervariasi mulai yang terendah yaitu jenis love bird non kacamata dan yang jenis lutiono konon merupakan jenis lovebird yang paling mahal. Untuk menentukan jenis kelamin lovebird ada yang mengatakan cukup diraba pada bagian supit udangnya apabila rapat maka dipastikan berjenis kelamin jantan, namun apabila renggang sudah pasti betina. Namun ada pendapat lain bahwa ukurang tubuh bisa juga dijadikan patokan terutama apabila love bird itu sudah dewasa. Yang jantan terlihat bodinya lebih besar dibandingkan dengan lovebird betina dewasa. Untuk lebih memudahkan mengetahui jenis kelamin lovebird, beberapa penangkar biasanya menaruh beberapa ekor di dalam kandang polier atau kandang besar kemudian biarkan mereka mencari jodohnya sendiri. Apabila terlihat ada lovebird yang sering berduaan (berpasangan) maka bisa dipastikan bahwa itu sejodoh. Kemudian lovebird tesebut diambil untuk dikawinkan dikandang sendiri. Untuk lebih memudahkan dalam membeli lovebird Anda dapat mendatangi beberapa breeder atau penangkar lovebird yang kini sudah banyak jumlahnya.
Perawatan lovebird sesungguhnya tidak sulit. Makanan pokoknya adalah biji-bijian. Dapat juga ditambahkan kangkung atau jagung muda. Kangkung konon dapat meningkatkan birahi lovebird namun jumlahnya harus dibatasi jangan terlalu banyak. Begitu juga dengan jagung jangan telalu kebanyakan. Biji bunga matahari atau biasanya disebut dengan kwaci bisa juga diberikan beberapa biji saja sebagai penambah birahi pada lovebird. Penjemuran pada lovebird dapat dilakukan sejak pagi jam 07.00 sampai dengan jam 10.00. Bahkan apabila ingin dilombakan biasanya tempo penjemuran ditambah serta ditempel/didempet dengan burung master lain misalnya kenari.

Musim Hujan : Waspadai Burung Kesayangan Anda

Posted in Uncategorized on 15, Januari, 2010 by Farizaldy
Cuaca yang kurang bersahabat pada akhir-akhir ini dapat berkibat kurang baik terhadap burung-burung peliharaan Anda. Pada musim penghujan waspadilah beberapa penyakit yang kemungkinan muncul pada burung kesayangan Anda. Sebaiknya apabila pada pagi hari terdapat sinar matahari secepatnya Anda keluarkan semua burung peliharaan yang berada di dalam rumah. Jemur selama sinar matahari masih ada.Hal ini berguna untuk menghidari hawa lembab yang terdapat di dalam sangkar burung terutama kotoran burung yang dapat menimbulkan penyakit. Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin dan antibodi. Apabila cuaca memungkinkan tidak ada salahnya burung dimandikan. Namun tidak perlu berlama-lama sebab khawatir sinar matahari yang muncul  tidak berlangsung lama. Cukup sekedarnya saja burung peliharaan Anda dimandikan. Berikan Antiseptik atau cairan desinfektan pada sangkar burung tersebut.

Koleksi Mp3 Suara Burung

Posted in Uncategorized on 15, April, 2008 by Farizaldy
Silahkan Download koleksi mp3 suara burung yang ada di bawah ini!.
Suara Murai Medan
Suara LoveBird
Suara Cucak Jenggot
Suara Kenari
Suara Cardinal
Suara Gold Finch
Suara Burung Pelatuk
Suara Burung Colibri
Suara Burung Rambatan
Suara Burung Serindit
Suara Burung Poksay
Suara Burung Kacer
Suara Burung Ciblek
Suara Burung Kenari Yorkshire
Suara Burung LoveBird
Suara Burung Hwa Mei/Hwambie

Cucak Hijau Gampang Hilang Suara Masterannya

Posted in Uncategorized on 25, Maret, 2008 by Farizaldy
Burung yang satu ini memang terkenal cerdas dalam merekam suara burung master lain. Namun sayangnya Cucak Hijau atau Cucak Ijo (bhs. jawa) suara masternya gampang hilang apabila masternya tidak ditempel terus. Master yang tepat biasanya love bird, kenari, cucak jenggot, cililin dan branjangan. Berbeda dengan burung cendet cepat merekam suara master tetapi  tidak mudah hilang suara masternya.
Jadi apabila Anda memiliki cucak hijau usahakan dekatkan terus burung masternya agar suara masternya tetap nempel sekalipun setelah mengalami proses ngurak. Hindari extrafooding yang berlebihan agar tidak memunculkan sifat nakalnya seperti sering mengluarkan lidahnya. Sekalipun biasanya ada kicau mania yang menggunakan tips dengan mendekatkan kaca cermin kepada cucak hijau yang sering perilakunya seperti itu.

Kenari Master yang cocok untuk Love Bird

Posted in Uncategorized on 28, Februari, 2008 by Farizaldy
Burung Love Bird yang terkenal suara trecetannya dan biasanya burung ini dijadikan master untuk burung kicauan lain ternyata ia butuh juga burungn master untuk dirinya. Master yang tepat untuk love bird adalah kenari dimana suara kicauan kenari akan berpengaruh pada durasi kicauannya serta ngerolnya. Dekatkan kenari yang memiliki kicauan ngerol yang panjang serta panjang dengan love bird Anda pada saat dijemur. Bila perlu berikan makanan biji matahari beberapa biji saja jangan terlalu banyak untuk love bird Anda. Coba lihat hasilnya ! Selamat Mencoba

Full Jemur Baik Untuk Blacktrhoat

Posted in Uncategorized on 28, Februari, 2008 by Farizaldy
Penjemuran pada Burung Blacktrhoat sangat berpengaruh terutama untuk penampilannya, mengingat burung ini dikenal suka panas di habitat aslinya. Biasanya blacktrhoat yang kurang jemur penampilannya kurang bagus ini disebabkan karena birahi pada burung tersebut menurun. Namun apabila penjemuran cukup burung kecil yang memiliki keindahan suara ini akan menunjukan performanya yang bagus ketika dilapangan. Untuk merawat burung kecil ini cukup dilakukan dengan memberikan pakan seed, buah bisa berupa apel. Mandinya cukup disemprot dengan handspray (semburannya diusakan tidak terlalu besar). Kemudian dijemur mulai pukul 7.00 s.d 12.00 Siang. Setelah itu dianginkan sebentar dan di kerondong. Jam 15.30 kerodong kandang dibuka dianginkan sebentar kemudian dimandikan kembali dan dijemur hingga pukul 17.00. Setelah dianginkan kerodong kembali kandang dan masukkan ke dalam rumah untuk istirahat.

Kandang Umbaran Buat Sang Gacoan

Posted in Burung Kicauan on 6, November, 2007 by Farizaldy
kandang-umbaran.jpgKandang Umbaran memiliki manfaat bagi burung yang baru saja mengalami proses mabung atau burung yang dalam kondisi fit. Namun apabila burung kesayangan Anda dalam kondisi yang tidak fit sebaiknya jangan di tempatkan di kandang umbaran. Karena di kandang umbaran burung akan dengan leluasa terbang, dan ini akan menguras tenaga burung itu sendiri. Oleh karena itu hanya burung yang sedang dalam kondisi stabil atau prima saja boleh di tempatkan di kandang umbaran tersebut.
Kandang umbaran ini biasanya digunakan pada burung-burung jenis murai batu & kacer. Hal ini berguna untuk melatih stamina burung-burung tersebut. Bila Anda memiliki kedua burung jenis tersebut cobalah tips di atas. Setiap hari selesai dimandikan burung kemudian di tempatkan di kandang umbaran sambil dijemur dan di beri extrafooding seperti jangkrik & kroto. Setelah waktu di rasakan cukup untuk sang burung bermain-main di kandang tersebut barulah kita masukan kembali ke kandang asal. Angin-anginkan sebentar di teras yang cukup sejuk lantas di kerodong. Sore harinya lebih kurang jam 15.00 (pukul 3.00 sore) burung kembali dikeluarkan untuk di mandikan dan di jemur dikandang umbaran dan beri lagi extrafooding. Jam 16.30 burung kemudian masukkan kembali ke dalam kandang harian. Tambahkan jangkrik dan kroto sebelum di kerodong. Mudah-mudahan tips ini sedikit berguna buat Anda khususnya para hobies murai batu dan kacer.

Pengaruh Mandi Malam untuk Anis Kembang

Posted in Burung Kicauan on 6, November, 2007 by Farizaldy
anis-kembang.jpgMandi malam untuk burung Anis Kembang konon sangat memiliki pengaruh yang besar. Hal ini banyak dirasakan oleh para kicau mania yang  merawat Anis Kembang debutannya dengan metode mandi malam ternyata banyak membuahkan hasil ketika di lapanganan (arena lomba). Namun mandi malam ini dilakukan hanya ketika cuaca baik dalam arti tidak mendung atau hujan. Apabila musim penghujan maka sebaiknya jangan karena akan berdampak tidak baik pada burung itu sendiri. Memang beberapa penghobies berpendapat bahwa mandi malam ini terkadang menjadi hal yang wajib bagi sang debutannya ini (Anis Kembang).

Murai Batu Sang Penyanyi Merdu

Posted in Burung Kicauan on 29, September, 2007 by Farizaldy
Murai Batu Sang Penyanyi MerduBurung Murai Batu yang memiliki ciri khas ekor panjang dan ketika berkicau ekornya serta merta dihentakkan ke atas dan ke bawah. Murai Batu ini terdiri dari beberapa nama sesuai dengan asal burung tersebut. Konon menurut para pakar burung bahwa burung murai batu asal Medan Sumatera yang menjadi favorit para penghobies burung murai ini. Namun sekalipun burung tersebut berasal dari Medan tidak menjamin bahwa burung tersebut adalah burung yang bagus karena semua itu tergantung dari bawaan burung tersebut atau katuranggan. Ciri khas Murai Batu Medan menurut pakar burung adalah ukuran body lebih besar dari, ekor lebih panjang dan pada ujung ekornya biasanya akan mengarah kebawah bila sudah panjang. Variasi lagu lebih banyak dari jenis murai batu lainnya. Hal yang paling mudah dilihat apabila burung tersebut sudah dewasa. Bila masih piyikan memang agak sulit membedakannya.

Mengenai suara burung ini memang sungguh enak di dengar. Tak hanya siang hari, malam hari saja bila sang murai batu ini berkicau sungguh kicauannya amat merdu. Burung ini dalam pemeliharaannya tidak terlepas dari kroto yang merupakan makanan pokok, dan untuk extra fooding biasanya diberikan : jangkrik, kelabang, belalang serta ulat. Konon bila pasokan kroto kurang maka burung ini akan malas bunyi. Burung ini cocok di dareah yang beriklim panas. Untuk proses penjemuran burung murai ini biasanya disesuaikan dengan kebiasaannya. Sekalipun ia tahan terhadap cuaca panas namun bukan berarti ia akan bertahan apabila seharian dijemur.

Bersihkan kandang setiap hari dan jangan lupa untuk mengganti makanan serta air minum yang terdapat dalam sangkar burung tersebut. Hal ini berguna demi kesehatan burung dan kita sebagai pemilik burung tersebut.

Senin, 25 Juli 2011

Dengan Perawatan Rutin dan Penuh Kesabaran

Faktor terpenting bahwa anis merah bisa teler adalah usia, kebanyakan anis merah jika dipelihara sejak trotol pada usia 8 bulan sudah bisa belajar teler. sebagian merah mania mengatakan bahwa teler pada anis merah itu sebuah karakter yang tidak bisa dibentuk jadi sudah dari sononya, tetapi ada juga yang mengatakan bisa dikondisikan melalui parawatan.

Karakter teler pada anis merah diyakini sebagai suatu tingkah laku (action) untuk menarik pasangan, dengan disertai melantunkan lagu-lagu yang merdu (berkicau) ketika anis merah mengalami masa birahi. jika benar, maka bisa dikatakan bahwa anis merah bisa teler jika dalam kondisi birahi, jadi tidak ada cara lain untuk memibikin anis merah agar bisa cepat teler kecuali memunculkan sifat birahinya.

Berbagai macam cara untuk meningkatkan birahi pada anis merah, tetapi secara umum bisa dikatakan bahwa perawatan rutin meliputi mandi jemur dan pemberian extra fooding adalah hal yang terpenting untuk mempercepat anis merah agar cepat teler.

1. Mandi Jemur

Anis merah adalah jenis burung dari habitat yang relatif bersuhu dingin jadi mandi merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan untuk memelihara bulu agar selalu cantik dan sebagian besar merah mania mengatakan bahwa mandi bisa mengurangi birahi dan bikin kerja anis merah lebih stabil. mengenahi porsi mandi bisa 1 atau dua kali sehari, pagi dan sore/ malam tapi kebanyak merah mania memandikan merahnya di malam hari dengan alasan masing-masing. setiap pagi burung di keluarkan (diembunkan) sampai terbit sinar matahari dilakukan penjemuran, dilakukan secara rutin maksimal 2 jam atau bisa disesuaikan dengan kebiasaan, penjemuran sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup termasuk jenis unggas karena dengan dijemur antara 7:00 - 9:00 sangat bermanfaa bagi burung untuk memperlancar metabolisme, kalau metabolisme bagus dimungkinkan burung menjadi lebih sehat.
2. Extra Fooding

Jangkrik. kicau mania beranggapan bahwa jangkrik dapat meningkatkan power, jadi jangkri mutlak diberikan. mengenai porsi bisa diberikan 2-3 ekor pagi dan sore tapi itu tergantung masing-masing burung pada intinya bagaimana agar anis merah mampu bekerja secara maksimal dengan porsi jangkring yang pas.Kroto. Kroto diberikan agar burung menjadi lebih sehat sehingga rajin bunyi, karena kroto mengandung protein tinggi yang relatif mudah dicerna sehingga sebagian besar merah mania merekomendasikan pemberian kroto walaupun dengan porsi yang berbeda-beda. secara umum kroto diberikan hanya 1 sendok bisa pagi atau sore, bisa tiap hari atau dua hari sekali, ada juga yang pemberian kroto hanya dilakukan menjelang turun lomba saja.
Cacing. dihabitat aslinya anis merah suka makan cacing sehingga pemberian extra fooding berupa cacing banyak dilakukan oleh para merah mania, menurut sebagian besar merah merah mania cacing bisa bikin anis merah betah teler (tancep). mengenai porsi antar merah merah mania berbeda tergantung kebiasaan, ada yang memberikan exfood cacing hanya sesaat menjelang naik gantangan dan ada juga yang menjadikan cacing sebagai menu utama harian.
Ulat Hongkon. Ulat Hongkong banyak digunakan oleh merah mania sebagai pendongkrak stamina agar anis merah lebih fight dalam bertarung di atas gantangan, kebanyakan merah mania menggunakan ulat hongkong hanya saat menjelang turung lomba atau sesaat sebelum naik gantangan, tetapi ada juga yang menjadikan ulat hongkong sebagai menu harian, semua tergantung dari kebiasaan.

jika merah mania melakukan perawatan secara rutin dan penuh kesabaran bisa juga menerapakan cara perawatan seperti di atas, maka dimungkinkan anis merah akan bisa mencapai tingkat birahi yang maksimal dan akan bisa membikin anis merah anda jadi rajin bunyi dan teler (action) untuk menarik pasangannya.

Barang kali merah mania punya pengalaman lain mengenahi perawatan anis merah yang bisa membikin cepat teler, silahkan tulis komentarnya mungkin bisa bermanfaat bagi merah mania yang lain.

cara bikin burung anis merah cepat teler

Faktor terpenting bahwa anis merah bisa teler adalah usia, kebanyakan anis merah jika dipelihara sejak trotol pada usia 8 bulan sudah bisa belajar teler. sebagian merah mania mengatakan bahwa teler pada anis merah itu sebuah karakter yang tidak bisa dibentuk jadi sudah dari sononya, tetapi ada juga yang mengatakan bisa dikondisikan melalui parawatan.

Karakter teler pada anis merah diyakini sebagai suatu tingkah laku (action) untuk menarik pasangan, dengan disertai melantunkan lagu-lagu yang merdu (berkicau)ketika anis merah mengalami masa birahi. jika benar, maka bisa dikatakan bahwa anis merah bisa teler jika dalam kondisi birahi, jadi tidak ada cara lain untuk memibikin anis merah agar bisa cepat teler kecuali memunculkan sifat birahinya.

Berbagai macam cara untuk meningkatkan birahi pada anis merah, tetapi secara umum bisa dikatakan bahwa perawatan rutin meliputi mandi jemur dan pemberian extra fooding adalah hal yang terpenting untuk mempercepat anis merah agar cepat teler.

1. Mandi Jemur
Anis merah adalah jenis burung dari habitat yang relatif bersuhu dingin jadi mandi merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan untuk memelihara bulu agar selalu cantik dan sebagian besar merah mania mengatakan bahwa mandi bisa mengurangi birahi dan bikin kerja anis merah lebih stabil. mengenahi porsi mandi bisa 1 atau dua kali sehari, pagi dan sore/ malam tapi kebanyak merah mania memandikan merahnya di malam hari dengan alasan masing-masing. setiap pagi burung di keluarkan (diembunkan) sampai terbit sinar matahari dilakukan penjemuran, dilakukan secara rutin maksimal 2 jam atau bisa disesuaikan dengan kebiasaan, penjemuran sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup termasuk jenis unggas karena dengan dijemur antara 7:00 - 9:00 sangat bermanfaa bagi burung untuk memperlancar metabolisme, kalau metabolisme bagus dimungkinkan burung menjadi lebih sehat.

2. Extra Fooding
- Jangkrik. kicau mania beranggapan bahwa jangkrik dapat meningkatkan power, jadi jangkri mutlak diberikan. mengenai porsi bisa diberikan 2-3 ekor pagi dan sore tapi itu tergantung masing-masing burung pada intinya bagaimana agar anis merah mampu bekerja secara maksimal dengan porsi jangkring yang pas.

- Kroto. Kroto diberikan agar burung menjadi lebih sehat sehingga rajin bunyi, karena kroto mengandung protein tinggi yang relatif mudah dicerna sehingga sebagian besar merah mania merekomendasikan pemberian kroto walaupun dengan porsi yang berbeda-beda. secara umum kroto diberikan hanya 1 sendok bisa pagi atau sore, bisa tiap hari atau dua hari sekali, ada juga yang pemberian kroto hanya dilakukan menjelang turun lomba saja.

- Cacing. dihabitat aslinya anis merah suka makan cacing sehingga pemberian exfood berupa cacing banyak dilakukan oleh para merah mania, menurut sebagian besar merah merah mania cacing bisa bikin anis merah betah teler (tancep). mengenai porsi antar merah merah mania berbeda tergantung kebiasaan, ada yang memberikan exfood cacing hanya sesaat menjelang naik gantangan dan ada juga yang menjadikan cacing sebagai menu utama harian.

- Ulat Hongkon. Ulat Hongkong banyak digunakan oleh merah mania sebagai pendongkrak stamina agar anis merah lebih fight dalam bertarung di atas gantangan, kebanyakan merah mania menggunakan ulat hongkong hanya saat menjelang turung lomba atau sesaat sebelum naik gantangan, tetapi ada juga yang menjadikan ulat hongkong sebagai menu harian, semua tergantung dari kebiasaan.

jika merah mania melakukan perawatan secara rutin dan penuh kesabaran bisa juga menerapakan cara perawatan seperti di atas, maka dimungkinkan anis merah akan bisa mencapai tingkat birahi yang maksimal dan akan bisa membikin anis merah anda jadi rajin bunyi dan teler (action) untuk menarik pasangannya.

Barang kali merah mania punya pengalaman lain mengenahi perawatan anis merah yang bisa membikin cepat teler, silahkan tulis komentarnya mungkin bisa bermanfaat bagi merah mania yang lain.
Diterbitkan di: 28 Januari, 2011   

Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/public-speaking/2108239-cara-bikin-anis-merah-cepat/#ixzz1T8OLIzpN

perawatan burung anis merah

Memang merawat anis merah dibutuhkan suatu kesabaran dan keuletan, karena jenis ini sangat sensitif sekali saja kita salah dalam perawatan maka akan fatal akibatnya bisa-bisa macet gak mau bunyi. dalam perawatan anis merah dibutuhkan rutinitas dalam hal mandi jemur dan pemberian exfood.
Memang dalam perawatan burung khususnya anis merah banyak sekali cara dan bentuknya karena tiap-tiap burung memiliki cara perawatan yang berbeda tetapi secara umum dapat dibagi menjadi 2 :

1. Mandi Jemur
Anis merah adalah jenis burung dari habitat yang relatif bersuhu dingin jadi mandi merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan untuk memelihara bulu agar selalu cantik dan sebagian besar merah mania mengatakan bahwa mandi bisa mengurangi birahi dan bikin kerja anis merah lebih stabil. mengenahi porsi mandi bisa 1 atau dua kali sehari, pagi dan sore/ malam tapi kebanyak merah mania memandikan merahnya di malam hari dengan alasan masing-masing. penjemuran dilakukan secara rutin maksimal 2 jam atau bisa disesuaikan dengan kebiasaan, penjemuran sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup termasuk jenis unggas karena dengan dijemur antara 7:00 - 9:00 sangat bermanfaa bagi burung untuk memperlancar metabolisme, kalau metabolisme bagus dimungkinkan burung menjadi lebih sehat.

2. Extra Fooding
- Jangkrik. kicau mania beranggapan bahwa jangkrik dapat meningkatkan power, jadi jangkri mutlak diberikan. mengenai porsi bisa diberikan 2-3 ekor pagi dan sore tapi itu tergantung masing-masing burung pada intinya bagaimana agar anis merah mampu bekerja secara maksimal dengan porsi jangkring yang pas.

- Kroto. Kroto diberikan agar burung menjadi lebih sehat sehingga rajin bunyi, karena kroto mengandung protein tinggi yang relatif mudah dicerna sehingga sebagian besar merah mania merekomendasikan pemberian kroto walaupun dengan porsi yang berbeda-beda. secara umum kroto diberikan hanya 1 sendok bisa pagi atau sore, bisa tiap hari atau dua hari sekali, ada juga yang pemberian kroto hanya dilakukan menjelang turun lomba saja.

- Cacing. dihabitat aslinya anis merah suka makan cacing sehingga pemberian exfood berupa cacing banyak dilakukan oleh para merah mania, menurut sebagian besar merah merah mania cacing bisa bikin anis merah betah teler (tancep). mengenai porsi antar merah merah mania berbeda tergantung kebiasaan, ada yang memberikan exfood cacing hanya sesaat menjelang naik gantangan dan ada juga yang menjadikan cacing sebagai menu utama harian.

- Ulat Hongkon. Ulat Hongkong banyak digunakan oleh merah mania sebagai pendongkrak stamina agar anis merah lebih fight dalam bertarung di atas gantangan, kebanyakan merah mania menggunakan ulat hongkong hanya saat menjelang turung lomba atau sesaat sebelum naik gantangan, tetapi ada juga yang menjadikan ulat hongkong sebagai menu harian, semua tergantung dari kebiasaan.

Pada dasarnya setiap anis merah memiliki perlakuan yang berbeda, itu semua tergantung perawat masing-masing seberapa jauh memahami dan menyelami karakter anis merah yang dirawat. jika kita bisa menemukan setting yang pas pasti merah jagoan kita akan berprestasi maksimal.

Barang kali merah mania punya pengalaman lain mengenahi perawatan anis merah silahkan tulis komentarnya mungkin bisa bermanfaat bagi merah mania yang lain.
MENU ARTIKEL ANIS MERAH

  • Umum

  • Habitat Anis Merah

  • Kehidupan Anis Merah di Bali

  • Ciri jantan dan betina Anis Merah

  • Cara memilih Anis Merah

  • Cara perawatan Anis Merah

  • Penanganan Anis Merah untuk lomba

  • Perawatan anis merah mabung

  • Penangkaran anis merah

  • PROBLEM UTAMA ANIS MERAH

  • BURUNG ANIS MERAH
    Scientific classification
    Kingdom: Animalia
    Phylum: Chordata
    Class: Aves
    Order: Passeriformes
    Family: Turdidae
    Genus: Zoothera
    Species: Z. citrina
    Binomial name
    Zoothera citrina innotata
    Zoothera citrina gibsonhilli
    Zoothera citrina aurata
    Zoothera citrina rubecula
    Zoothera citrina orientis
    REFERENSI
  • omkicau.com

  • kicaumania.org

  • smartmastering.com

  • burung.org

  • wikipedia.org


  • Umum
    Anis merah atau punglor merah atau punglor cacing, yang sering juga disebut anis bata atau punglor bata (Zoothera citrina) tak pelak lagi merupakan burung yang sangat populer di antara para penghobi kicauan.
    Dengan gaya telernya, anis merah mampu memberi pesona dan daya pikat tinggi.
    +Habitat
    Anis Merah tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tetapi juga di banyak negara lain, seperti Bangladesh, Bhutan, Cambodia, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, SriLanka, Thailand, dan Vietnam. Jumlah Anis Merah di seluruh tempat hidupnya diperkirakan tidak mengalami penurunan lebih dari 30% dalam 10 tahun terakhir, sehingga salah satu lembaga pelestari burung internasional (Birdlife international) masih merekomendasikan burung ini dicatat dengan status belum terancam punah (Least Concern) pada daftar burung-burung terancam punah di seluruh dunia (IUCN Red List) tahun 2008.
    Meski demikian, jumlah Anis Merah di Jawa diperkirakan telah menurun dengan sangat tajam akibat maraknya penjaringan burung untuk dijual sebagai burung peliharaan (http://www.reference.com/browse/all/Orange-headed).
    Sementara itu di seluruh daratan asia tenggara jumlahnya dikhawatirkan akan terus menurun akibat semakin sedikitnya daerah berpohon.
    Secara internasional, anis merah pertama kali dideskripsikan atau diberi nama ilmiah oleh John Latham pada tahun 1790 dengan nama Turdus citrinus. Perbedaan kenampakan Anis Merah yang terdapat di berbagai tempat membuat para ahli burung membedakan jenis ini menjadi beberapa ras, namun Rasmussen dan Anderton (2005) menyatakan bahwa terdapat kemungkinan adanya beberapa jenis dalam 12 ras.
    Di Indonesia, anis merah terdapat di Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Di Sumatra diperkirakan merupakan pendatang (migran) dari daratan Asia dan kemungkinan terdapat dua ras yaitu ras Zoothera citrina innotata dan ras Zoothera citrina gibsonhilli. Di Kalimantan bagian utara merupakan burung penetap di daerah pegunungan, antara 1000 – 1500 meter di atas permukaan laut dan hanya diketahui dari sedikit catatan di G.Kinabalu dan Trus Madi yang merupakan ras Zoothera citrina aurata. Di Jawa dan Bali dapat ditemukan sampai ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Ras yang terdapat di Jawa bagian barat adalah
    Zoothera citrina rubecula
    Zoothera citrina rubeculadan yang ada di Jawa bagian timur dan Bali adalah Zoothera citrina orientis. Kedua ras ini hanya dibedakan dari panjang sayapnya. Penamaan ras Zoothera citrina rubecula dilakukan oleh Gould pada tahun 1836, sementara itu nama ras Zoothera citrina orientis diberikan oleh Bartels Jr. pada tahun 1938. Beberapa ahli burung meragukan perbedaan ras anis merah yang terdapat di Jawa bagian barat dengan Jawa bagian timur dan Bali ini.
    Anis merah mencari makan di atas tanah dengan tanaman bawah pohon yang rapat. Sangat aktif mencari makan di bawah bayang-bayang sinar matahari dengan membongkar-bongkar seresah dedaunan untuk mencari serangga, laba-laba, cacing dan buah-buahan yang telah jatuh di tanah. Di Malaysia, anis merah sering teramati memakan buah beringin.
    Sarang anis merah berbentuk seperti mangkuk yang dangkal dan tersusun dari akar pohon, daun, dan seresah. Kedua induk aktif membangun sarang yang seringkali dibangun pada ketinggian lebih dari 4,5 meter dan diletakkan pada pohon kecil atau semak. Telur sebanyak dua sampai empat, seringkali tiga, dierami selama 13-14 hari sampai menetas. Setelah menetas, anak dirawat sekitar 12 hari sampai dapat keluar dari sarang. (http://www.reference.com/browse/all/Orange-headed). Terry Gonsolvis (seorang penangkar di Bristol, Inggris) telah berhasil menangkarkan anis merah dari ras Zoothera citrina cyanotus. Arkum (seorang penangkar di Depok, Bogor) telah berhasil menangkarkan anis merah dengan menitipkan telurnya pada burung anis kembang (http://www.kicaumania.org)
    .
    +Anis Merah di Bali
    Saat ini anis merah merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia. Menurut hasil penelitian tim peneliti dari BURUNG INDONESIA, anis merah menempati urutan ketiga dari jenis-jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2006 melalui wawancara terhadap 1781 keluarga.
    Popularitas anis merah sebagai burung peliharaan tidak lepas dari maraknya lomba burung berkicau yang saat ini diselenggarakan minimal setiap satu bulan sekali dan latihan bersama (latber) yang diselenggarakan minimal setiap satu minggu sekali di setiap kota. Selain volume, variasi, dan irama suara, perilaku “teler” merupakan salah satu faktor utama yang dinilai dalam lomba burung.
    Persebaran dan tempat hidup
    Secara administratif, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, survey cepat dan wawancara tidak terstruktur yang dilakukan selama 10 hari berkeliling Bali, anis merah dapat ditemukan di empat kabupaten yaitu Jembrana, Buleleng, Tabanan, dan Karangasem.
    Anis merah sering terlihat di kebun-kebun kopi dan hutan (alas gedhe) yang berada di dekat aliran sungai, termasuk sungai-sungai kecil dan di lembah-lembah yang jarang terkena sinar matahari langsung. Meski demikian tidak di semua kebun kopi dan tidak di semua hutan terdapat sarang anis merah.
    Di beberapa daerah seperti Labuanaji, Telage, Kekeran, dan Pelapuan yang juga terdapat sedikit perkebunan kopi dan di areal berhutan disebelah barat daya Penataranbujak tidak ditemukan sarang anis merah. Satu kesamaan yang dimiliki daerah-daerah ini adalah terletak pada ketinggian kurang dari 400 meter di atas permukaan laut.
    +Ciri jantan dan betina
    Karena anis merah adalah burung monomorfik, maka perbedaan jantan dan betina tidak bisa dibedakan dengan melihat ciri-ciri fisik yang terlihat.
    Banyak “mitos” yang menyebutkan ciri fisik tertentu adalah menandakan jenis kelamin anis merah. Namun sesungguhnya sangat sulit menentukan jenis kelamin anis merah dewasa hanya berdasar pengamatan.
    Meski demikian ada patokan yang sering digunakan orang untuk memilihnya meski tidak akurat 100%. Misalnya, anis merah jantan memiliki warna merah yang lebih terang dan tajam ketimbang anis merah betina. demikian pula dengan warna hitamnya lebih legam.
    Ada juga cara menentukan jenis kelamin anis merah dengan meraba kloaka untuk mengetahui kerapatan tulang supitnya. Jika rapat dan terasa runcing, jantan. Jika agak lebar dan lembek, betina.
    Sementara perbedaan lain bisa dilihat dari perilakunya. Anis merah jantan akan terluhat mendongak-dongakkan kepala jika bertemu anis merah lain. Sedangkan anis merah betina tidak menunjukkan perilaku demikian. Kalau anis merah betina sedang birahi, maka jika bertemu anis merah jantan yang sedang bernyanyi atau teler, dia akan mengetar-getarkan sayap dan mendongak sembari bersiul ciiirrr….
    +Memilih anis merah
    Karena sulitnya memilih anis merah jantan dan betina bakalan, maka jika memilih anis merah bakalan kita perlu menambah budget pembelian. Datanglah ke pedagang burung yang sudah mapan di pasar manapun atau kepada pengepul. Pedagang atau pengepul yang sudah mapan tidak akan mengambil risiko kehilangan pelanggan yang mau mengeluarkan uang lebih.
    Sementara itu untuk patokan secara umum dalam meilih anis merah adalah sebagai berikut:
    Berkelamin jantan, ciri-ciri burung Anis Merah berjenis kelamin jantan dapat dilihat dari postur tubuh yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu dibawah paruh bagian bawah lebih pudar, mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah.
    • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan burung Anis Merah yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
    • Postur badan, pilihlah bahan Anis Merah yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
    • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat.
    • Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
    • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
    • Berdiri pada posisi kepala mendangak 45 derajat. Boleh percaya boleh tidak, apabila anda mendapatkan bahan yang seperti ini, dijamin umur 7 bulan sudah ngerol dan mulai teler.
    +Cara perawatan
    -Tempat: Anis merah bisa dipelihara dengan sangkar bulat maupun kotak ukuran 40 x 40 x 60 cm atau bisa juga bulat dengan diameter 30 cm. Sementara tenggeran atau pangkringan bisa dibuat dengan diameter 1,5 cm, dengan bahan cabang kayu asam yang keras, permukaan kulit yang agak kasar sehingga bisa untuk mengasah paruh agar tidak runcing. Untuk perawatan harian, anis merah tidak perlu dikerodng dan hanya dikeorodng malam hari agar tidak kedinginan.
    - Pakan: Hal utama yang perlu diperhatikan dalam hal pakan adalah menu yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D
    Di samping vitamin, perlu juga kecukupan mineral. Mineral dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.
    Yang termasuk mineral yang diperlukan burung anis merah adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.
    Makanan yang sesuai untuk burung anis merah
    • Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Anis Merah. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
    • Buah Segar, burung ini sangat menyukai buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak pemberian buah Pepaya, karena buah Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, buah Pepaya sangat mudah dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.
    • EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Anis Merah yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut.
    • Kembali ke MENU ARTIKEL
    REFERENSI TENTANG PERAWATAN BURUNG SECARA UMUM BISA DILIHAT DI SINI
    Perawatan dan setelan harian burung anis merahPerawatan harian untuk burung Anis Merah relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.
    Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Anis Merah:
    Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
    • Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Voer, Air Minum dan buah segar.
    • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.
    • Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
    • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
    • Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
    • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.
    • Berikan Jangkrik 1 ekor pada cepuk EF.
    • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.
    Penting
    • Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.
    • Pemberian Cacing diberikan 2 ekor 1x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi.
    • Buah Segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin sampai hari Kamis berikan buah Pepaya, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan Apel atau Pisang atau buah lainnya.
    • Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali.
    Penanganan burung anis merah over birahi
    • Pangkas porsi Jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 sore.
    • Lakukan pengembunan (jam 05.30-06.00).
    • Berikan Cacing 1 ekor 2x seminggu.
    • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore.
    • Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja.
    • Burung sebaiknya diisolasi, jangan melihat dan mendengar suara burung Anis Merah lain dahulu untuk sementara waktu.
    Penanganan burung anis merah ngedrop
    • Tingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 3 pagi dan 3 sore.
    • Tingkatkan porsi pemberian Kroto menjadi 3x seminggu.
    • Tingkatkan porsi pemberian Cacing menjadi 2 ekor 3x seminggu.
    • Mandi dibuat 2 hari sekali saja.
    • Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Anis Merah lain dahulu.
    • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari.
    • Kembali ke MENU ARTIKEL
    • +PENANGANAN ANIS MERAH UNTUK LOMBA
    • Perawatan dan setelan burung anis merah untuk lombaPerawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Anis Merah:
      • H-3 sebelum lomba, Jangkrik bisa dinaikkan menjadi 2 ekor pagi dan 2 ekor sore.
      • H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
      • 1 Jam sebelum di gantang lomba, burung di mandikan dan berikan Jangkrik 1 ekor saja.
      • Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 1 ekor lagi.
      Penting
      • Jangan memberikan Ulat Hongkong dalam menggenjot birahi pada burung Anis Merah. karena dapat membuat birahi burung tersebut menjadi sangat meningkat dan menjadi tidak stabil.
      • Sebaiknya, Joki lapangan adalah orang yang tidak pernah terlibat di dalam perawatan harian pada burung Anis Merah tersebut.
      Perawatan setelan burung anis merah pasca lomba
      Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.
      Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Anis Merah:
      • Porsi EF dikembalikan ke Stelan Harian.
      • Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.
      • Sampai H+3 setelah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.
      +Perawatan dan setelan anis merah mabung
      Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.
      Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). Burung harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna.
      Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk dapat mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur (lihat misalnya penjelasan pada “Moulting in Bird” di situs vetafarm.com yang menjadi referensi utama untuk tulisan mengenai masalah mabung ini).
      Faktor-faktor yang berpengaruh pada masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.
      Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.
      Untuk menyediakan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.
      Meskipun pada umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu masa mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bahkan ada bulu yang tidak rontok (sekadar nyulam).
      Penggangu tersebut antara lain:
      * Penyakit - Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.
      * Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya).
      * Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung.
      * Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.
      Apa yang perlu Anda lakukan agar burung dapat memiliki bulu baru sebaik mungkin?
      Pertama-tama menyingkirkan segala cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.
      Kedua, pastikan tidak satu pun dari burung Anda menjadi pembawa virus bibit penyakit, misalnya Polyoma.
      Ketiga, berikan gizi yang cukup selama burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. Hanya saja perlu diingat bahwa pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mengandung karbohidrat misalnya, hanya akan membuat burung kekurangan gizi meski secara fisik terlihat gemuk.
      Jika Anda telah melakukan semua hal di atas dan masih mengalami masalah dengan kualitas bulu Anda perlu berbicara dengan dokter hewan khusus burung.
      Cara Smart menggunakan BirdVit
      Dalam kaitan dengan persoalan mabung inilah disarankan kepada penghobi burung untuk memberikan burung asupan tambahan, misalnya BirdMolting atau juga BirdVit untuk burung yang sedang mabung. Cara ini lebih smart” sebab BirdVit adalah multivitamin dan multimineral yang sangat diperlukan burung selama masa mabung.
      BirdVit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang diperlukan burung, seperti:
      • Vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3.
      • Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.
      • Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.
      Dengan demikian, selama kita menggunakan BirdVit untuk menangani burung mabung, maka kita cukup memberikan porsi pakan seperti sediakala tanpa khawatir burung kekurangan “energi masa mabung”. Sebab, memang benar energi yang diperlukan burung ketika mabung bukanlah energi yang hanya akan mengumpul menjadi lemak tetapi energi untuk pertumbuhan bulu seperti asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin.
      Anis merah bermasalah
      Untuk burung-burung yang sangat bermasalah misalnya bulu mudah patah atau burung sakit-sakitan seusai masa mabung, biasanya dikarenakan asupan mineralnya yang kurang. Selain digunakan BirdVit, Anda bisa menyertakan pula BirdMineral.
      Apa beda BirdMineral dan BirdVit?
      Untuk diketahui, ada mineral dan vitamin tertentu yang tidak efektif jika digunakan bersamaan. Akan saling melemahkan. Karena keduanya sama-sama dibutuhkan burung dalam jumlah yang proporsional, maka mineral dan vitamin tertentu hanya bisa dicampur dengan komposisi dan volume tertentu.
      Seperti diketahui di dalam BirdVit ada sejumlah mineral yang sangat diperlukan burung. Namun kandungan mineral di dalam BirdVit tidak sebesar di dalam BirdMineral karena selain sebagai penjaga vitalitas burung, BirdMineral juga bersifat mengcover atau mengobati.
      Pola perawatan anis merah masa mabung:
      • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
      • Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari atau kalau untuk penanganan ekstrim burung mabung, bisa dilakukan perawatan ekstem mabung.
      • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit atau BirdMineral, pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: stelan jangkrik dibuat 4 ekor pagi dan 4 ekor sore, kroto 1 sendok makan setiap pagi dan cacing 2 ekor 3x seminggu
      • Meski tidak menggunakan BirdVit dan/atau BirdMineral, pemberian multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu sangat perlu.
      • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit, perlu perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah dicerna sehingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Di samping itu buah pepaya banyak mengandung vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung.
      Lakukan pemasteran
      Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.
      Untuk pemasteran yang bagus, silakan baca referensinya di sini.
      +Penangkaran Anis Merah:
      Penangkaran anis merah di rumahan belum banyak dilakukan. Namun demikian, ada pula yang sudah berhasil. Namun di habitat aseli anis merah di Bali, sudah sejak lama dilakukan penangkaran alam anis merah. Untuk referensi masalah ini bisa dibaca di dalam artikel “Penangkaran Alam Anis Merah di Bali”.
    +PROBLEM UTAMA ANIS MERAH
    1. Suka ngecir
    2. Mabung lama
    3. Gampang rontok bulu
    4. Galak
    5. Teler tidak tuntas
    6. Turun tangkringan bila ketemu majikannya
    7. Nyekukruk tidak semangat
    8. Tidak juga segera teler
    1. Suka ngecir
    Jantan betina anakan anis merah suka ngecir. Jantan anis merah dewasa ngecir pertanda burung tidak fit. Betina dewasa ngecir tanda birahi. Untuk membuat fit, pastikan kecukupan asupan nutrisi, vitamin, mineral dan bebas parasit. Baik parasit di luar tubuh maupun di dalam tubuh. Pastikan kecukupan jemurnya untuk hilangkan parasit dan kecukupan vitamin D.
    JIka masih bermasalah dalam asupan pakan dan vitamin, gunakan BirdVit sehingga burung benar-benar fit.
    2. Mabung lama
    Pertumbuhan bulu baru lambat. Burung perlu energi tinggi untuk mabung, tetapi bukan dalam bentuk karbohidrat. Penambahan pakan masa mabung yang hanya berupa karbohidrat, hanya membuat burung gemuk tetapi bulu tidak juga tumbuh. Untuk masa pertumbuhan bulu ini diperlukan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Sumber mentionin dan sistin bisa diperoleh pada BirdVit dan BirdMolt.
    3. Gampang mabung/rotok.
    Penyebabnya antara lain (1) Makanan mengandung lemak dan/atau kalori tinggi sehingga membuka pori-pori kulit; (2) Bulu belum kuat sudah banyak diadu/ditrek; (3) Selama masa mabung tidak mendapat asupan nutrisi yang baik, terutama mineral. Untuk masalah asupan mineral, bisa gunakan Bird Mineral selama masa mabung atau pasca mabung (ketika mulai terlihat tanda rontok padahal baru saja tuntas mabung).
    4. Galak/ birahi tidak terukur: Bisa dikurangi dengan cara banyak mandi, berikan cacing, atau lakukan tips menurunkan birahi anis merah secara cepat.
    5. Teler tidak tuntas. Penyebabnya adakah adanya gangguan parasit, terutama air sac mite, yakni tungau kantung udara yang kasat mata. Burung sepertinya tidak kutuan, tetapi sesungguhnya membawa tungau di kantung udaranya. Bisa diatasi dengan penyemnprotan Fresh Aves dibarengi pengolesan BirdFresh.
    6. Nyekukruk tidak semangat, biasanya dikarenakan cacingan. Atasi dengan AscariStop.
    7. Turun tangkringan bila ketemu tuannya: Jangan dibiasakan memberi pakan langsung dari tangan. Jangan suka menggoda burung. Pakai kacamata atau asesoris lain sehingga burung “tidak mengenali” Anda ketika di arena loimba.
    8. Tidak juga segera teler biasanya disebabkan burung masih terlalu muda, kurang cas sehingga masih juga galak naik turun tangkringan ketika digantang, dan hal utama adalah burung tidak fit. Perlama masa cas/ ditemukan bareng-bareng anis merah lainnya, pastikan burung fit dengan menggunakan produk rawatan harian BirdVit.
    >

    Minggu, 24 Juli 2011

    harga burung

    Berikut ini adalah daftar harga burung, merpati, beberapa jenis ayam dan beberapa hewan lain di Pasar Depok Solo untuk awal Februari 2011 tetapi ada beberapa informasi baru yang masuk. Secara umum, harga masih sama, namun untuk  harga beberapa burung mengalami  kenaikan antara 25 sampai 50 ribu. Khusus untuk burung lovebird, ada kenaikan antara 100 – 200 ribu.
    Informasi awal saya dapat dari Om Julianto Prasetyo, Depok. Dan informasi update saya  dapat dari sejumlah teman. Untuk informasi lebih lanjut (ketersediaan stok, pengiriman dan lain-lain, bisa kontak Om Yuli Depok nomer telepun 08995279499).

    Harga awal Februari 2011 (lihat catatan update di atas untuk harga terbaru).
    1. Anis Ampenan trotolan 150.000, dewasa hutan 110.000
    2. Anis Cendana trotolan 250.000, dewasa hutan 150.000
    3. Anis Kembang – jaminan jantan 400.000 acak 300.000
    4. Anis Merah trotol – jaminan jantan 700.000, acak (bisa jantan-bisa betina) 450.000
    5. Ayam hutan remaja jantan 250.000, betina 60.000
    6. Ayam hutan tangkapan dewasa 150.000
    7. Ayam kate dewasa 200.000-250.000/ pasang
    8. Ayam ketawa anakan betina 100.000
    9. Ayam ketawa anakan jantan 300.000
    10. Ayam ketawa dewasa jantan atau betina 600.000
    11. Ayam serema 500.000/pasang
    12. Beo anakan 550.000 – 600.000
    13. Beo dewasa hutan 350.000
    14. Betet 150.000
    15. Blackthroat jantan 1.500.000, betina 800.000
    16. Branjangan jawa 500.000
    17. Branjangan kalimantan 150.000
    18. Branjangan NTB 75.000
    19. Cendet/pentet tangkapan hutan 50.000
    20. Cendet/pentet trotolan 60.000
    21. Ciblek gunung dewasa hutan 100.000
    22. Ciblek kebun 125.000
    23. Ciblek kebun dewasa hutan 100.000
    24. Ciblek kebun trotolan 125.000
    25. Ciblek sawah dewasa hutan 60.000
    26. Cililin dewasa hutan 600.000
    27. Cucak ijo sumatra dewasa hutan 400.000-450.000
    28. Cucak ijo sumatra trotolan 500.000-550.000
    29. Cucak jenggot 100.000
    30. Cucak keling 25.000
    31. Cucak kencur/ bayeman 60.000
    32. Cucak rante dewasa hutan 80.000
    33. Cucak rante trotolan 200.000
    34. Cucak tembak/kapas tembak 250.000
    35. Cucakrowo anakan penangkaran (3-4 bulan) 2.000.000-2.500.000
    36. Cucakrowo tangkapan hutan 2.700.000
    37. Decu dewasa hutan 90.000-100.000
    38. Decu trotolan 115.000
    39. Derkuku hutan 35.000
    40. Gagak 600.000
    41. Gaok 350.000
    42. Gelatik belong 80.000
    43. Gelatik putih/silver/ krem 125.000
    44. Gelatik Wingko 30.000
    45. Jalak bali trotolan/anakan 7.500.000
    46. Jalak putih 350.000
    47. Jalak suren jawa trotolan penangkaran 400.000
    48. Jalak suren sumatera dewasa hutan 185.000
    49. Kacamata 15.000
    50. Kacer jawa trotolan 500.000, dewasa hutan 350.000
    51. Kacer poci/skoci trotolan 160.000, dewasa hutan 110.000
    52. Kenari AF yorkshire 350.000
    53. Kenari F1 yorkshire 650.000
    54. Kenari F2 yorkshire 1.000.000
    55. Kenari lokal bakalan bond 60.000
    56. Kenari lokal bakalan hijau 50.000
    57. Kenari lokal bakalan kuning 80.000
    58. Kenari lokal bakalan orange/sunkis 250.000
    59. Kenari lokal bakalan putih 125.000
    60. Kenari yorkshire betina 2.000.000
    61. Kenari Yorkshire jantan 3.000.000
    62. Kepodang bali/ sumbawa 150.000
    63. Kepodang jawa 250.000
    64. Kolibri tangkapan hutan 60.000
    65. Kutilang 75.000
    66. Kutilang emas 80.000
    67. Kutilang malaysia 75.000
    68. Kutilang sumatera 150.000
    69. Laura 80.000
    70. Lovebird anakan non klep kuning 450.000-550.000
    71. Lovebird anakan non klep/kacamata warna acak 250.000, dewasa 350.000
    72. Lovebird klep/kacamata albino mata hitam anakan 800.000, dewasa 1.000.000
    73. Lovebird klep/kacamata albino mata merah anakan 1.200.000, dewasa 1.500.000
    74. Lovebird klep/kacamata biru anakan 350.000, dewasa 500.000
    75. Lovebird klep/kacamata hijau (kepala hitam/merah) anakan 400.000, dewasa 650.000
    76. Lovebird klep/kacamata kepala emas anakan 550.000, dewasa 800.000
    77. Lovebird klep/kacamata lutino mata hitam anakan 1.700.000, dewasa 2.500.000
    78. Lovebird klep/kacamata lutino mata merah anakan 2.500.000, dewasa 3.000.000
    79. Lovebird klep/kacamata pastel kuning anakan 800.000, dewasa 1.200.000
    80. Lovebird klep/kacamata pastel putih anakan 600.000, dewasa 800.000
    81. Mantenan 50.000
    82. Manyar dewasa 8.000
    83. Manyar trotolan 15.000
    84. Mbotok 500.000
    85. Merpati potong 25.000
    86. Murai air 150.000
    87. Murai batu aceh/medan trotolan hutan jantan 1.250.000, dewasa hutan 1.000.000
    88. Murai batu kalimantan/borneo dewasa hutan 250.000
    89. Murai batu nias (ekor hitam) trotolan 500.000, dewasa hutan 300.000
    90. Palek/falk 350.000
    91. Pancawarna 500.000
    92. Parkit 30.000
    93. Parkit holland 800.000
    94. Pelatuk batu 30.000
    95. Pelatuk bawang 500.000
    96. Pelatuk brambang 90.000
    97. Pelatuk sampit 150.000
    98. Poksai jambul sumatera 250.000
    99. Poksay impor (jumlah terbatas) 1.500.000
    100. Prenjak 80.000
    101. Puter 35.000
    102. Rambatan 150.000, rambatan jadi 250.000
    103. Rio-rio 75.000
    104. Robin 500.000
    105. Samyong 250.000
    106. Sanger/singer (helda sanger) jantan 800.000 betina 400.000
    107. Selendang biru dewasa hutan 20.000
    108. Selendang biru trotolan 80.000
    109. Sirtu dewasa hutan 40.000
    110. Sirtu trotolan 60.000
    111. Srigunting biasa 150.000
    112. Srigunting kantil 500.000
    113. Srikatan dewasa hutan 35.000
    114. Srikatan trotolan 80.000
    115. Srindit jawa 40.000
    116. Srindit kalimantan/sumatera (paruh hitam) 60.000
    117. Sulingan /Tledekan dewasa hutan 180.000-200.000
    118. Sulingan/tledekan laut 125.000
    119. Sulingan/Tledekan trotol 250.000
    120. Tengkek buta 1.000.000
    121. Tengkek supit udang 90.000
    122. Tralis/blereng 40.000
    123. Trontong 150.000
    124. Trucukan dewasa hutan 15.000
    Informasi Terkini Agribisnis Indonesia

    INFO  HARGA  BURUNG

    Harga Burung Sudah Berbunyi
    Data Pasar Burung Depok Solo
    Sumber : Agrobis BURUNG

    Jenis Burung Harga
    Jenis Burung Harga
    Cucak Rowo Rp 500.000,-
    Love Bird Topi Merah Rp 1.300.000 / psg
    Blackstroat Rp 600.000,-
    Love Bird Topi Kuning Rp 300.000 / psg
    Poksay Rp 250.000,-
    Love Bird Topi Hijau Rp 350.000 / psg
    Wha Mei Rp 250.000,-
    Love Bird Topi Hitam/Abu Rp 350.000 / psg
    Anis Merah Rp 200.000,-
    Love Bird Topi Pastel Rp 400.000 / psg
    Anis Kembang Rp 250.000,-
    Love Bird Topi Kn Gading Rp 450.000 / psg
    Cucak Hijau Rp 175.000,-
    Pistat Rp 350.000,-
    Murai Batu Rp 250.000,-
    Gelatik Silver Rp 125.000,-
    Tledekan Rp 200.000,-
    Gelatik Holland Rp 100.000,-
    Branjangan Rp 200.000,-
    Gelatik Putih Rp 70.000,-
    Kenari Rp 150.000,-
    Pengalis Rp 25.000,-
    Kacer Rp 200.000,-
    Zebra Rp 60.000,-
    Cendet Rp 100.000,-
    Gold Amadine Topi Orange Rp 1.500.000,-
    Decu Rp 150.000,-
    Gold Amadine Topi Hijau Rp 450.000,-
    Blacken Rp 500.000,-
    Jalak Hitam Rp 50.000,-



    Kepodang Rp 150.000,-



    Cucak Gading Rp 250.000,-
     

    Harga Burung Bakalan & Perkiraan Harga Burung Jadi
    Data Pasar Burung Caruban, Jawa Timur
    Sumber : Agrobis BURUNG

     
    Jenis Burung Bakalan Sudah Jadi
    Jenis Burung Bakalan Sudah Jadi
    Cucak Rowo 300.000 1.000.000
    Branjangan 75.000 300.000
    Cucak Hijau 200.000 400.000
    Murai Batu Lampung 75.000 250.000
    Cucak Meranti 40.000 100.000
    Murai Batu Medan 250.000 750.000
    Cucak Jenggot 25.000 50.000
    Merpati 12.000/psg
    Cendet 25.000 150.000
    Merpati Andhokan 50.000/psg
    Decu 100.000 250.000
    Punglor Kembang 200.000 1.000.000
    Derkuku 5.000 50.000
    Punglor Bata 150.000 750.000
    Delimoan 10.000/psg

    Perkutut 50.000 150.000
    Gelatik Perak 50.000/psg

    Poksay 50.000 200.000
    Gelatik Holland 60.000/psg

    Poksay India 250.000
    Gelatik Silver 75.000/psg

    Prenjak 4.000 25.000
    Gelatik Wingko 4.000 40.000
    Perkit 20.000/psg
    Kacer 100.000 250.000
    Tledean 75.000 250.000
    Love Bird 75.000 250.000




    Sabtu, 23 Juli 2011

    Pasaran Harga Burung Kicau Terpopuler Di Bandung Tahun 2011

    Tag:,1999:blog5424158166503793829 20110708T17:24:4732507:00 Indonesia Birds Community Sulistyowati www/profile/15956810830662283842. PT Safari Dharma Sakti (dengan nama dagang PO SAFARI DHARMA RAYA) mulai berdiri tahun 1969 dikota Temanggung, Jawa Tengah dengan nama PO OBL yang mana merupakan. MIMSY Mimsy, tas unik berkelas internasional hasil kreativitas anak bangsa Merek tas ini yang pernah ditaksir Ibu Negara Ani Yudhoyono Demikian diungkap Christyna Theosa.

    Pasaran Harga Burung Kicau Terpopuler Di Bandung Tahun 2011

    . Terampil berbahasa indonesia kelas xi bahasaihak cipta pada departemen pendidikan nasional dilindungi undangundangterampil berbahasa indonesiauntuk sma/ma kelas. Tag:,1999:blog4794249780841252759 20110712t22:29:0074307:00 liputan berita terkini media masa selebritis otomotif kesehatan pendidikan "lpi" sepakbola.

    Pasaran Harga Burung Kicau Terpopuler Di Bandung Tahun 2011

    . Tag:,1999:blog4980492954944941875 20110708t01:34:1165507:00 present blog present blog www/profile/06130338787973180880 pasaran harga burung kicau terpopuler di bandung tahun 2011. Data hardisk: kasus arilluna mayacut tari, dunia barat menyerang indonesia dengan menyudutkan islam kumpulan artikel terbaik dari dunia blog pasaran harga burung kicau terpopuler di bandung tahun 2011. Dekade80 bernostalgia dengan peristiwa, trend, fenomena dan kisah di tahun 80an updated: 20110708t13:41:5742307:00 pasaran harga burung kicau terpopuler di bandung tahun 2011.


    Copyright